Bergerak Bersama | Bantu UMKM | UMKM Go Online | Digital Marketing UMKM

PELUANG DIGITAL DI INDONESIA 2022

PELUANG DIGITAL DI INDONESIA 2022.  Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 di dunia mempunyai peluang digital di tahun 2022 semakin besar. Berdasarkan data dari United Nation dan BPS di awal tahun 2022 jumlah penduduk Indenesia sebesar 277,7 juta jiwa. Dengan komposisi 50,30% merupakan lak-laki dan 49,70% perempuan. Dimana sebagian besar tinggal di perkotaan baik di provinsi, kabupaten kecamatan.

Apabila di kelompokkan berdasarkan usia, maka usia muda antara usia 13 – 44 tahun menduduki peringkat terbanyak sebesar 64,3% senilai dengan 178 juta. Pada rentang usia ini merupakan usai digital native, mereka melek dan mengerti tentang teknologi digital. Karena sebagian besarnya terbiasa dengan dunia online terutama melalui handset yang mereka miliki.

PENGGUNA INTERNET INDONESIA 2022

Dari jumlah penduduk 277,7 juta terdapat 370 juta perangkat seluler aktif, artinya penetrasi perangkat seluler lebih dari 133%. Dalam arti beberapa penduduk mempunyai perangkat seluler lebih dari 1 buah. Data ini menunjukkan bahwa penggunaan perangkat seluler sudah semakin massif dan tersebar diseluruh pelosok Indonesia.

Sementara untuk pengguna Internet di tahun 2022 sebesar 204 juta (70,7%). Untuk ukuran penduduk sebuah negara jumlah tersebut sangat besar tentunya merupakan sebuah peluang tersendiri. Apalagi rata-rata penggunaan harian di internet lebih dari 8 jam. Inilah sebabnya mengapa Indonesia merupakan salah satu pasar online yang sangat menjanjikan.

PENETRASI SOSIAL MEDIA

Kehadiran teknologi seluler 4G yang semakin merata hingga daerah-daerah semakin mempercepat kemudahan dalam mempercepat penetrasi penggunaan internet. Dengan kecepatan akses data lebih dari 15 Mbps sudah mencukupi untuk mengakses beberapa layanan digital dan entertainment di internet. Ditambah dengan kehadiran teknologi 5G yang mulai digelar oleh operator seluler menambah kecepatan akses data semakin meningkat.

See also  Content Marketing Digital

Disisi lain kehadiran social media dengan pengguna lebih dari 191 juta menunujukkan bahwa penduduk Indonesia semakin terbiasa dengan aneka layanan di internet. Sebagai contoh pengguna facebook mencapai 129 juta sementara youtube lebih dari 139 juta. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat Indonesia sangat bising di sosial media dan sering menjadi trading topic. Karena sangat aktif di social media apalagi menyangkut beberapa isu-isu dan permasalahan yang sedang terjadi di tengah masyarakat.

 

BEBERAPA PELUANG DIGITAL DI INDONESIA 

Susuai dengan data-data di atas, maka segala macam peluang terbuka lebar di dunia digital di Indonesia. Asalkan dapat terhubung dengan internet (dapat diakses secara online), maka kesempatan untuk mencari keuntungan semakin besar. Sebagai contoh pelaku UMKM dibidang perikanan disebuah desa terpencil dapat menjual hasil ikannya secara online, apabila mereka mengerti cara menjualnya.  Contoh lainnya perajin keramik bahkan bisa menjual hasilnya hingga ke luar negeri dengan memanfaatkan penjualan secara online.

Dengan adanya peluang yang semakin terbuka luas, beberapa hal yang menjadi dapat kita lakukan untuk menangkap peluang tersebut antara lain :

  1. Segera update pengetahuan kita tentang dunia digital, dengan cara mempelajari lebih mendalam, bukan sekedar kulit-kulitnya saja. Sebagai contoh pelajari cara membuat account Instagram untuk meningkatkan follower dengan posting hal-hal yang positif
  2. Aktif di social media bukan hanya untuk update status, tapi manfaatkan social media sarana mengenalkan dan menjual produk. Posting hal-hal yang bermanfaat dan menginspirasi maupun memecahkan persoalan orang lain. Untuk selanjutnya akan mendapatkan follower yang tertarget.
  3. Mempunyai account di market place, apabila kita ingin aktif berjualan secara online melalui market place, seperti Tokopedia, Shoope, Bukalapak
  4. Miliki sebuah website resmi sebagai sarana mengenalkan dan promosi produk. Memliliki website akan menambah kepercayaan konsumen terhadap produk yang kita punyai. Hubungan aneka social media yang kita miliki untuk diarahkan ke website kita.
See also  Agile Methodology dan Manfaatnya

Inilah beberapa cara sederhana untuk memanfaatkan peluang di era digital seperti sekarang ini. Pada akhirnya tergantung dari sejauhmana kita akan menanfaatkan peluang di dunia digital seperti sekarang ini. Karena pada hakekatnya peluang sudah terbuka lebar, tinggal kita mau melakuan action untuk menggapai peluang tersebut.

Sebagaimana kata bijak mengatakan A body at rest tends to stay at rest. A body in motion tends to stay in motion.“ Isaac Newton

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin