Bergerak Bersama | Bantu UMKM | UMKM Go Online | Digital Marketing UMKM

Content Marketing Digital

content digital marketing
content digital marketing

 CONTENT MARKETING

Tujuan utama para pengguna internet berselancar di dunia maya adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Content Marketing digital adalah upaya menarik calon konsumen dengan cara menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen. Informasi tersebut dapat berupa artikel, video, hasil riset, dan sebagainya. Namun, ragam informasi yang disediakan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan.

Beberapa langkah sebelum anda memulai content marketing diantaranya:

Menentukan Tujuan

Tujuan anda adalah agar mendapatkan 5 atau 10 transaksi/konversi atas produk yang anda promosikan via content marketing per bulannya. Tujuan itu harus lebih spesifik dan jelas.

Siapa  Orang Yang Berpengaruh

Mana yang lebih efektif, meyakinkan 100 orang untuk membeli produk yang anda jual, atau meyakinkan 1 orang berpengaruh yang mempunyai 1000 teman? Cobalah untuk mencari orang, blogger, atau content marketer yang berpengaruh. Dekati, lalu jalinlah pertemanan dengan mereka.

Siapa konsumen anda?

Kepada siapa  konten yang anda tulis tujukan? Dan kenapa mereka harus peduli dengan artikel anda? Itulah pertanyaan penting yang harus anda jawab. Mengetahui audiens blog atau website dapat membantu mempermudah keberhasilan tujuan content marketing anda.

Tentukan  Sudut pandang

Anda sudah berteman dengan orang yang berpengaruh dalam niche produk anda. Selanjutnya  jangan gunakan cara orang tersebut dalam menjual produk. Sebab, anda akan kalah bersaing dengannya. Anda bisa menggunakan angel atau sudut pandang anda sendiri. Misalnya, antara anda dan teman anda yang berpengaruh sama-sama menjual gamis. Jadi yang dimaksud menggunakan  sudut pandang  anda sendiri adalah anda bisa saja menulis judul yang berbeda dengan teman anda, atau sisi lain dari Netbook Asus yang belum dibahas secara spesifik oleh teman anda.

Cobalah untuk buat Editorial Kalender

Apa yang anda rasakan jika setiap jam, anda menerima sebuah email tawaran untuk membeli sebuah produk yang sama dari website atau blog tertentu. Anda tentu akan menganggap itu spam. Jika anda tidak megatur jadwal postingan, maka audiens anda akan merasa jenuh dan bosan. Karena itu membuat editorial kalender menjadi penting.

Tips Efektif Content Marketing Digital

  • Blog

Membuat sebuah blog di website anda adalah cara termudah dan efektif dalam meningkatkan SEO, bertukar konten dan menunjukkan bahwa website anda benar-benar hidup.  Tuliskan blog baru 2-3 kali dalam seminggu.Setiap ada sebuah blog baru masuk di website anda, mesin pencari seperti Yahoo dan Google akan langsung melacak website anda dan itu dapat menaikkan ranking website anda. Hal ini merukakan bagian dari content marketing digital.

  • Berikan informasi yang dibutuhkan konsumen

Jika anda ingin membuat konten marketing yang efektif  anda bisa membiarkan penjualan dilakukan oleh orang sales. Berilah informasi yang diinginkan oleh konsumen andasehingga mereka juga memiliki alasan untuk meluangkan waktu membaca konten anda. Keindahan dari konten dapat digunakan untuk bermacam-macam tujuan demikian juga untuk informasi yang dibutuhkan konsumen.

Dari konten tersebut, anda bisa membuat sebuah blog tersendiri, atau bahkan sebuah buku dengan ditambahkan intro, konklusi dan cover.

Dengan kreativitas, konten dapat disebarluaskan kemana saja, bukan hanya untuk audiens. Informasi yang Bagi era modern seperti sekarang ini, video dapat diambil dengan lebih mudah. Tak perlu terlalu bagus, yang penting nikmat untuk ditonton. Dengan skrip yang kuat, Anda dapat membuat video dengan menggunakan bantuan online seperti Powtoon untuk membuat presentasi animasi yang dapat meraih atensi audiens Anda. Pasang di website Anda dan tambahkan tombol Share agar semua orang mengenalnya.

  • Bantu masalah konsumen anda
See also  Apakah Perlu Memiliki Website ?

Tawarkan informasi secara konsisten untuk membantu masalah  konsumen anda dan selalu update dengan issue-issue terbaru.

  • Promosikan via Media Sosial

Setelah semuanya bekerja dengan baik, sebarkan  website dan artikel anda di sosial media. Sosial media adalah alat terbaik untuk menyebarkan konten Anda di dunia online. Gunakan Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+ dan masih banyak lagi jenis sosial media yang bisa anda gunakan untuk promosi.  Pakai media sosial yang sekiranya banyak digunakan oleh  konsumen anda.

MOBILE MARKETING

Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang mengarah pada calon-calon konsumen yang sering berinternet menggunakan perangkat mobile, seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain ulang website bisnisnya agar  mudah  jika diakses dengan gadget mobile.

Berikut beberapa cara untuk mobile marketing

  • ScanLife

ScanLife akan memberikan anda sebuah QR Code Generator atau Barcode agar anda bisa bergabung bersama bisnis yang anda inginkan. Anda akan mendapatkan sms yang diterima bukan hanya berisi iklan, gambar, teks atau suara, melainkan akan membawa pelanggan ke website bisnis yang dimiliki oleh si pengirim tersebut.

Anda bisa  menjangkau  lebih banyak pelanggan melalui media mobile. Anda bsia mengirimkan pesan teks atau sms kepada pelanggan dengan menggunakan aplikasi Mogreet Express. Aplikasi ini akan membantu kita dalam mengirim pesan teks, mulai dari penjadwalan pengiriman pesan teks kepada pelanggan. Hanya dengan menggunakan kode kombinasi dari kata kunci yang mewakili bisnis anda, yang kemudian kode ini yang akan digunakan pelanggan untuk bergabung bersama dengan pesan teks yang anda kirimkan.

  • Outspoken

Mobile marketing bukan digunakan untuk mengirimkan iklan atau penawaran berupa teks. Namun juga bisa digunakan untuk mengirim pesan multimedia. Sebelumnya telah ada yaitu Payvia, namun Outspoken dirasa paling memiliki performa yang bagus saat mengirimkan pesan multimedia kepada user.

  • Mobsav

Aplikasi mobile yang satu ini dapat menarik pelanggan dengan kupon diskon yang Anda berikan. Hanya dengan menggunakan aplikasi sederhana, maka akan ada banyak pelanggan yang datang ke toko Anda? Aplikasi ini memberikan solusi atas keinginan  anda dengan mengkombinasikan kupon diskon dengan GPS. Konsumen hanya harus menunjukkan ponsel mereka yang memiliki kupon diskon, dan mereka akan mendapatkan produk dari toko anda dengan mudah.

Forsquare adalah aplikasi yang sudah sangat akrab di telinga pengguna smartphone, yaitu Forsquare. Dan faktanya bukan hanya pemilik bisnis yang harus terus bekerja mencari pelanggan. Tetapi tanpa sengaja pelanggan juga siap membantu anda mencari dan memasarkan bisnis anda. Salah satunya yaitu dengan melakukan check in pada tempat bisnis Anda. Aplikasi ini  akan membuat orang banyak mengetahui dan mengenal bisnis anda.

INTEGRAD DIGITAL MARKETING

Integrated digital marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya digital yang ada. Hal tersebut sebagai cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran. Sinergi antara blog, kampanye brand, media sosial, dan sebagainya harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau konsumen yang bervariatif. Integrated marketing communication adalah bagian dari kegiatan marketing yang timbul dikarenakan kebutuhan dari produk untuk mengkomunikasikan diri kepada target audience atau konsumennya. Dalam usaha mencapai tujuan ini salah satu usaha yang dilakukan bahwa produk tersebut harus dikenal oleh konsumennya. Untuk dikenal maka produk harus melakukan komunikasi dengan target audience atau konsumennnya.

Tips dalam menjalankan Integrated Marketing diantaranya:

  • Personal Selling

Merupakan suatu kegiatan melakukan kontak langsung dengan konsumen dalam hal ini orang yang diyakini akan membeli produk dengan cara melakukan penawaran yang aktif dan  proses follow up sampai konsumen akhirnya setuju untuk membeli.

  • Advertising
See also  VUCA Dan Cara Mengantisipasinya

Komunikasi   ini dijalankan melalui iklan,  untuk memberikan informasi mengenai produk dan persuasif. Informasi ditentukan dan dibuat oleh pengiklan dengan bantuan advertising agency. Iklan dipasang di media-media sesuai tujuan dan strategi dengan melakukan pembelian ruang iklan di media-media.

  • Sales Promotion

Kegiatan yang dilakukan melalui  penawaran-penawaran yang khusus, misalnya beli 1 dapat bonus 1 dan   masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh sales untuk promosi.

  • Public Relation

PR adalah komunikasi yang dilakukan oleh media melalui pendekatan dari pengiklan namun penulisan di media adalah didominasi oleh media  dan tidak adanya pembelian seperti pada advertising diatas.

  • Kegiatan

Hal lain yang bisa anda lakukan andalah  dengan kegiatan di tempat-tempat tertentu dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang disukai atau dibutuhkan oleh konsumen. Melalui kegiatan ini  diharapkan produk dapat menginformasikan keberadaannya kepada konsumen. Misalnya melakukan acara musik di lapangan  atau di gedung, melakukan acara nonton bareng, melakukan acara  perlombaan dan lain-lain. Kapan dan bagaimana masing-masing kegiatan ini dilakukan semua tergantung pada kebutuhan dan kondisi produk.

  • Word of Mouth

Word of mouth adalah komunikasi bagaiman sehingga produk menjadi bahan pembicaraan dan direkomendasikan oleh orang-orang yang sudah menggunakan kepada orang-orang yang belum menggunakan. Word  of mouth kadang terjadi di luar kontrol oleh produk tetapi hal ini juga bisa diciptakan, apalagi kalau produknya memang bagus.

 VISUAL MARKETING

Ada banyak hal yang bisa anda jalankan untuk membangun dan mengembangkan bisnis anda, salah satunya adalah  dengan Visual Marketing. Visual marketing mengedepankan bagaimana menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan.

Selain itu visual marketing menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat adanya berbagai situs sharing, seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan lainnya. Kreativitas membuat gambar-gambar yang memorable merupakan salah satu prasyarat untuk sukses menjalani strategi pemasaran visual.

Visual Marketing adalah sebuah strategi pemasaran, di mana iklan yang ditayangkan untuk mempromosikan produk dimuat dengan sarana penunjang, misalnya situs/web atau media sosial yang sedang marak di berbagai kalangan.

Strategi  yang dijalankan dalam visual marketing ini bersumber dari teknik pemasaran online dengan visualisasi produk sebagai sarana untuk promosi. Media sosial yang digunakan oleh  pelaku visual marketing ini misalnya YouTube, SlideShare, Facebook, Pinterest, Instagram, GooglePlus dan lain-lain. Sebagai salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna, Facebook banyak digunakan untuk mempromosikan produk, baik dengan berupa tulisan, gambar maupun video.

MEDIA SOSIAL

Pastinya anda semua pernah dan serng menggunakan salah satu media sosial. Media sosial   merupakan media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual lainnya.

Blog, jejaring sosial dan wiki  adalah salah satu  bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Pesatnya perkembangan media sosial  saat ini  disebabkan banyak orang memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media.

Pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.

See also  Business Model Canvas

Berikut beberapa  ciri – ciri  dari Media Sosial:

  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

Berikut beberapa manfaat dari media sosial:

  • Sarana untuk berbisnis

Banyak bisnis yang dijalankan  lewat media sosial hal ini bikan hanya untuk satu dua pebisnis namun hampir semua bebisnis menggunakan cara ini. Bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis online,maka media sosial ini benar-benar sangat membantu, baik itu dalam mempromosikan produk mereka maupun dalam penjualan. Mereka tidak perlu susah-susah menggelar dan menawarkan produknya, cukup dipajang disocmed, maka para konsumen akan datang sendiri. Namun tetap harus sabar diawal ketika belum memiliki banyak teman atau relasi.

  • Menjalin komunikasi

Dengan banyaknya teman dari berbagai daerah, maka akan semakin luas juga pengetahuan kita tentang daerah dan budaya diluar dari lingkungan kita. Apalagi sekarang sosial media atau media sosial terus berinovasi tidak terbatas hanya pada teman-teman sekolah, teman sekantor. Sekarang kita bisa dengan mudah mencari teman diluar negeri, secara acak maupun dengan negara atau bidang dan minat tertentu. Apa dan dimana minat kita, maka dengan mudah kita bisa mencari teman dan mendapat informasi darinya.

  • Sosialisasi

Media sosial juga dijadikan sebagai wadah bagi mereka untuk bersilaturrahim dari suatu asal atau minat yang sama. Dengan adanya sosial media maka akan memudahkan untuk berbagi informasi tentang kegiatan,  bisnis, rapat, reuni bahkan undangan pernikahan.

  • Sumber informasi

Dengan mengunakan sosial media anda bisa mendapatkan informasi apapun, demikian juga saat anda menjalankan bisnis online.

Jenis-Jenis Media Sosial  Pendukung bisnis online anda:

  1. Facebook

Jejaring sosial ini memiliki 1 miliar pengguna dan merupakan jejaring sosial  terbesar di dunia. Facebook bukan hanya jejaring sosial, Mark Zuckerberg menyuntikan beberapa platform lain di situs ini. Melalui facebook pebisnis bisa menjual produk mereka   dengan cepat dan murah.

2. Twitter

Twitter memiliki setengah miliar pengguna atau hampir setengah pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006, Twitter cepan mendapat hati di kalangan netizen khususnya pengguna mobile. Twitter  juga mampu  menjadi salah satu alat yang bisa mengembangkan bisnis dengan  cepat.

3. Google+
Google pun tergiur ikut terjun di jejaring sosialdengan Google + tersebut dan  memiliki 400 juta pengguna. Google+ terkenal dengan fitur Hangout-nya  dan pebisnis akan lebih mduah menjalankan  atau berpromosi dengan sarana ini.

4. LinkedIn
Jejaring sosial ini dikenal sebagai jejaring sosial pekerja profesional yang mampu menghubungkan antar profesional maupun dengan brand atau perusahaan. Kini  LinkedIn miliki 175 juta pengguna yang ada di seluruh dunia.

5.  Instagram
Jejaring sosial ini memiliki harga fantastis, 1 miliar dolar dan tak hanya sebuah jejaring sosial, Instagram juga sebagai aplikasi pengolah gambar. Saat ini miliki 100 juta pengguna.

6. Tumblr
Jejaring sosial ini masuk ke  dalam  blog dan tak kalah bersaing dengan platform blog lain macam WordPress maupun Blogger. Tumblr saat ini miliki 81 juta pengguna di seluruh dunia.

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin