Bergerak Bersama | Bantu UMKM | UMKM Go Online | Digital Marketing UMKM

5 Peluang Profesi Yang Menjanjikan Seorang Digital Entrepreneur

5 Peluang Profesi Yang Menjanjikan Seorang Digital Entrepreneur. Era Teknologi digital telah mengubah pola kehidupan dan interaksi antara sesama manusia. Kehadiran teknologi selular generasi keempat (4G) secara merata hingga pelosok wilayah Indonesia menjadikan informasi semakin mudah diakses dan tersebar. Kemudahan mengkases internet dengan kecepatan data yang mencukupi sebagai point tersendiri atas hadirnya teknologi seluler 4G.

Penetrasi handphone pada semua level usia tercatat mencapai lebih 80%, artinya mayoritas penduduk Indonesia semuanya mempunyai handphone. Bahkan aneh jika ada seseorang yang tidak mempunyai handphone, kecuali untuk para manual (lanjut usia).

Dengan jumlah lebih dari 200 juta internet user, maka berbagai macam peluang baik dari sisi bisnis, social, product, pendidikan dan segala hal yang terhubung dengan internet menjadi peluang yang terbuka lebar.

Apakah Digital Entrepreneur ?

Sebelum membahas tentang digital entrepreneur, ada baiknya kita memahami definisi Entrepreneur.  Entrepreneur adalah seseorang yang menjalankan bisnis dengan penuh ide kreatif dan inovatif. Para entrepreneur adalah orang-orang yang bukan hanya mengelola bisnis, melainkan juga akan menanggung risiko yang mungkin timbul di tengah jalan. Beberapa ciri seorang entrepreneur antara lain :

  • Bersikap dan Berpikiran Optimis
  • Berpikiran Terbuka
  • Selalu Fokus
  • Mampu Menyelesaikan Masalah
  • Berani Mengambil Risiko
  • Mampu Menciptakan Peluang Bisnis

Entrepreneur selalu melihat peluang terhadap kondisi yang sedang dihadapai saat ini, dan tidak cepat menyerah terhadap tantangan yang ada.

Sementara Digital Entrepreneur adalah seseorang yang mempunyai serangkaian sikap untuk mengenali peluang yang dimungkinkan secara digital untuk memperoleh keunggulan kewirausahaan dalam ekonomi digital. Pada dasarnya mereka adalah orang-orang yang berkecimpung pada wirausaha dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

Secara produk yang dihasilkan bisa sama dengan kondisi saat ini, namun cara marketing dan mengenalkan kepada konsumen yang berbeda. Atau bahkan produk yang dihasilkan memang berbeda sama sekali dengan produk yang ada sebelumnya, sebagai contoh pembuatan materi digital training, menjadi content creator/digital influencer dan lain-lain.

See also  BERSELANCAR DI ERA KOLABORASI

Setidaknya ada 4 ciri terkait dengan digital entrepreneur yaitu :

  • Dapat dilakukan/dikerjakan dimana saja asalkan terkoneksi dengan internet
  • Mempunyai mindset global artinya pendangan yang luas tidak hanya terbatas pada satu sector ataupun satu segment saja
  • Menikmati profesinya sesuai dengan passion yang dimilikinya
  • Dapat menemukan customer dimana saja, karena internet terkoneksi secara luas diseluruh dunia, maka pangsa customer sangat terbuka luas, tidak hanya di suatu daerah / negara tertentu saja.

5 Peluang Profesi Yang Menjanjikan Seorang Digital Entrepreneur

Ada beberapa peluang profesi yang terbuka luas menjadi seorang digital entrepreneur anatara lain :

  1. Producer (Create Aneka Digital Content)

Produser adalah mereka yang membuat konten untuk dikonsumsi secara online. Materi ini bisa dalam berbagai format, seperti eBook, video pelajaran, dan podcast. Untuk menjadi produser, kamu hanya perlu memiliki ilmu yang bermanfaat bagi orang lain dan keinginan untuk membagikannya.

  1. Affiliate

Affiliate atau afiliasi adalah seseorang yang mempromosikan produk pihak ketiga dengan imbalan komisi untuk setiap penjualan yang dilakukan. Profesi ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang sudah memiliki pengaruh online, tetapi tidak ingin membuat konten sendiri, seperti halnya produk digital, atau mengelola inventaris/ produk fisik. Cara yang mudah adalah dengan menyebarkan link afilasi dari para pemilik produk, apabila ada konsumen yang tertarik kemudian meng-click link tersebut dan terjadi transaksi, maka kamu akan dapat imbal persentasinya.

  1. E-Commerce

E-commerce menunjuk pada jenis perdagangan yang dilakukan secara online. Berbeda dengan produk digital yang kami sebutkan sebelumnya, produk yang dijual di toko virtual tidak dikonsumsi di Internet, melainkan dikirim langsung barangnya ke penerima. Aktif menjadi e-commerce dapat dibagi menjadi 2 kelompok yaitu mempunyai produk sendiri yang dipasarkan via e-commerce atau menjadi reseller dengan cara menjualkan produk orang lain di e-commerce, sehingga mendapatkan margin yang sesuai kesepakatan dengan pemilik produk.

See also  Peran Inovasi dalam Pengembangan NGO

digital entrepreneur2

    4. Teknologi Solution

Apabila kamu mempunyai keahlian khusus yang berkaitan dengan perkembangan teknologi digital, maka peluang tersebut dapat menjadi profesi tersendiri sebagai digital entrepreneur. Sebagai contoh kamu mempunyai keahlian di bidang Web Developer, maka keahlian tersebut dapat ditawarkan kepada orang-orang yang membutuhkan jasa pembuatan website.

Dengan harga sekitar 2 -5 juta setiap pembuatan website, maka peluang ini cukup menjanjikan. Atau keahlian lainnya seperti konsultan digital marketing, Data Analytic, Agile Technology dan Scrum Master. Dan berbagai macam keahlian lainnya yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini.

5. Digital Influencer

Influencer digital dianggap oleh banyak orang sebagai profesi saat ini karena mereka tidak memiliki batasan usia atau ceruk pasar yang luas. Dengan memiliki blog atau channel YouTube tentang makeup misalnya, dan mengembangkan kemitraan dengan merek mak-eup tertentu yang tertarik untuk menjangkau audiens kamu. Sehingga terjalin kerjasama saling menguntungkan. Kamu sebagai pihak yang mempromosikan dan mempengaruhi kepada calon pelanggan untuk membeli produk make-up nya.

Selain kemitraan merek, para profesional ini dapat menghasilkan uang dengan menjalankan iklan menggunakan Google AdSense. Dalam strategi monetisasi ini, jumlah tampilan yang kamu miliki di halaman atau video kamu lebih penting daripada jumlah pengikut. Semakin banyak pengikut/follower akan semakin banyak menjangkau calon pembeli.

Pada akhirnya semua peluang diatas dapat dicapai dengan kerja yang konsisten dan tidak kenal putus asa untuk menjadi seorang digital entrepreneur yang sukses. Artikerl selanjutnya tentang langkah-langkah nyata mewujudkan diri sebagai digital entrepreneur.

1 thought on “5 Peluang Profesi Yang Menjanjikan Seorang Digital Entrepreneur”

  1. Pingback: 4 Tips Mempersiapkan Potensi Resesi Untuk UMKM - Bergerak Bersama | Bantu UMKM | UMKM Go Online | Digital Marketing UMKM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *